Kamis, 22 Agustus 2019

PRESS CONFERENCE (TEMU MEDIA) LAMPUNG KRAKATAU FESTIVAL XXIX TAHUN 2019



PRESS CONFERENCE (TEMU MEDIA) LAMPUNG KRAKATAU FESTIVAL XXIX TAHUN 2019,
RABU, 21 AGUSTUS 2019 DI HOTEL BATIQA, BANDAR LAMPUNG.
...
MAKSUD:
1. Menjadikan penyelenggaraan event festival sebagal salah satu event tetap tahunan Pemerintah Provinsi Lampung dan kalender event nasional.
2. Memberikan wawasan sejarah tentang
Gunung Anak Krakatau dan lingkungan sekitarnya seway esew uep
3. Menyediakan ruang kreatif bagi masyarakat Provinsi Lampung dalam atraksi wisata budaya dan tradisi serta peduli sejarah
...
TUJUAN:
1. Mempromosikan keunggulan-keunggulan daerah khususnya atraksi dan daya tarik wisata unggulan Lampung berikut fasilitas penunjangnya secara nasional dan internasional.
2. Menciptakan kesempatan dan peluang bisnis bagi dunia usaha maupun masyarakat untuk mempromosikan dan memasarkan produknya saat festival berlangsung.
3. Menjadikan festlval sebagai wahana ajang puncak kreativitas, penghargaan terhadap seniman, budayawan dan masyarakat Lampung dalam rangka pengembangan dan peningkatan Kebudayaan Lampung.
...
PELAKSANAAN:
Lampung Krakatau Festival Tahun 2019 dilaksanakan pada tangal 23-25 Agustus 2019 bertempat di Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan.
...
AGENDA:
On-event Lampung Krakatau Festival 2019 kali ini terdiri dari 5 (lima) kegiatan utama, yaitu:

1. PESONA KEMILAU SAI BUMI RUWA JURAI (Jum'at-Sabtu, 23-24 Agustus) bertempat di Lapangan Saburai Bandar Lampung dengan bentuk rrangkaian kegiatan : Acara Pembukaan LKF 2019, Pertunjukan Sendratari, Kesenian tradislonal/modern kreasi dari Kabupaten Kota, Penampilan Band dan Artis Nasional. Pada acara pembukaan tanggal 23 Agustus, berkesempatan hadir tamu pusat dari Kementerian Pariwisata R.I. yaitu Asisten Deputi Wilayah I Bidang Pengembangan Pemasara I.

2. KRAKATAU EXPO (Jum'at-Minggu, 23-25 Agustus) bertempat di Lapangan Sabural Bandar Lampung dengan bentuk rangkaian kegiatan: Pameran UKM Ekonomi Kreatif, Demo Masak, Cooking Class, Kuliner Tradisional, Kuliner Kekinian (Nusarasa) dimulai dari tanggal 18 Agustus), Lomba Hias 1000 Cupcake dan penyajian 5000 porsi gratis olahan mie seruit.

3. TRIP KRAKATAU (Sabtu, 24 Agustus) yang merupakan perjalanan wisata bersejarah dan study observasi penyadartahuan Gunung Anak Krakatau pasca letusan dan tsunami Merupakan kerjasama antara Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, ASDP Bakauheni dan Trans Lampung Utama (TLU) dengan menggunakan Kapal Jatra II. Perjalanan dimulai pada pukul 06.00 WIB dari PKOR Way Halim Bandar Lampung dan pemberangkatan dari Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni selanjutnya ke kepulauan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda (PP). Jumlah peserta diperkirakan 750 orang terdiri dari : Mahasiswa (160 orang), ASN (290 orang), Umum (100 orang), Tamu VIP (120 orang), Media, Blogger dan Vloger (40 orang), Panitia, Tim medis, Protokol dan Pol PP (40 orang). Acara Trip Krakatau 2019 dikemas dalam bentuk perjalanan yang mengandung unsur Edukasi (Penjelasan tentang Gunung Anak Krakatau, Mitigasi Bencana dan Kuliah Umum tentang Gunung Anak Krakatau yang akan disampaikan oleh Narasumber dari BKSDA, BNPB dan Unila), Hiburan dan Pengalaman pengalaman menyasikan Gunung Anak Krakatau. Kegiatan Trip Krakatau Tahun ini membuka ruang yang cukup besar bagi mahasiswa dan media untuk ikut serta didalam dan diharapkan akan memberi dampak bagi pemasaran paríwisata Lampung. Perjalanan Trip Krakatau juga diharapkan dapat dikembangkan menjadi sebuah Kemasan Perjalanan Wisata Reguler oleh para operator operator perjalanan bekerjasama dengan ASDP Bakauheni.

4. PARADE PERMAINAN ANAK TRADISIONAL (Sabtu, 24 Agustus) bertempat di Lapangan Saburai Bandar Lampung yang menampilkan aneka permainan anak tradisional Lampung dan nusantara seperti: Kuda Buta, Upih Ngisut, Gobak Sodor dan Patil Lele dengan tujuan untuk melestarikan dan lebih mengenalkan khususnya kepada anak-anak usia sekolah tentang aneka permaian anak yang saat ini sudah sangat jarang dilakukan sebagai media sosialisasi anak-anak ditengah kemajuan teknologi dan media sosial. Kegiatan ini melibatkan peserta dari anak Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Kota Bandar Lampung

5. PARADE BUDAYA LAMPUNG CULTURE AND TAPIS CARNIVAL (Minggu, 25 Agustus) pukul 13.20 WIB yang menampilkan keragaman, kemegahan dan kekayaan budaya daerah dalam bentuk parade budaya Lampung dan nusantara, serta penampilan parade busana fantasi bermotif ragam hias khas Lampung. Lampung Culture&Tapis Carnival adalah karnaval budaya yang merupakan bagian dari kegiatan Festival Krakatau, yang akan menampilkan garapan dari kreatifitas Pemerintah Kabupaten/Kota, Komunitas dan pelajar di Provinsi Lampung, dengan berbasis budaya dan kreatifitas lokal Lampung yang dikemas menjadi suatu seni pertunjukan yang menarik dan fun yang diharapkan meningkatkan kecintaan masyarakat kepada seni budaya dan menjadi daya tarik wisata Provinsi Lampung. Rute dimulai dari Lapangan Saburai - Jl. Sriwijaya- JI. Jend. Sudirman-Tugu Adipura - Jl. A. Yani-Jl. R.A. Kartini-Jl. Katamso (Simpur)- Jl. Radin Inten-JI. Tulang Bawang-J Sriwijaya dan kembali ke Lapangan Saburai dengan estimasi jarak sekitar 3,06 km.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ingin bekomentar mengenai artikel Ini, silahkan berkomentar dengan baik dan santun: