Selasa, 21 Januari 2020

Menginap nyaman di Homestay Piknik Liwa Lampung Barat

Homestay Piknik Liwa

Mendapat kesempatan liburan 3 hari tanggal 17-19 Januari 2020, aku habiskan untuk pergi ke tempat yang sudah aku ingin kunjungi sejak lama yaitu ke daerah barat Provinsi Lampung. Yup! Sejak hobi travelling dari tahun 2016 aku justru blm pernah menginjakan kaki di Kabupaten Pesisir barat dan Lampung Barat. Nah! Baru kali ini aku dapat kesempatan untuk ke sana. Langsung saja meluncur, sekitar 5 sampai 6 jam perjalanan dari Bandar Lampung ke Kabupaten Pesisir Barat via jalan lintas barat.
...
Hari pertama dan kedua Jumat-Sabtu, 17-18 Januari 2020 kuhabiskan untuk mengeksplore Kab. Pesisir Barat. Kemudian Sabtu sore sekitar pukul 17.00 WIB bergegas meluncur ke Kab. Lampung Barat via Jalan Lintas Krui-Liwa yang membelah hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Di sana kami sudah ditunggu oleh Bang Eka yang sebelumnya sudah janjian untuk menginap di kediamannya. Nah bang Eka ini adalah seorang pengajar atau guru di SMP, dia juga seorang Fotografer yang suka hunting dan mengeksplore banyak tempat di Lampung, terutama di Lampung Barat, tak heran juga terkadang dia nyambi menjadi seorang tour guide di Lampung Barat ketika libur mengajar. Yahh, kami juga pastinya minta tolong bang Eka untuk jadi guide selama kami di sana, hehehe...
Saat maghrib akhirnya kami tiba di Liwa, singgah sebentar disebuah foodcourt di area Taman Hamtebiu untuk ngopi-ngopi menghangatkan tubuh dari dinginnya suhu di Liwa dengan kopi khas Liwa tentunya.
Setelah menghabiskan secangkir kopi dan mengambil beberapa konten di sekitaran Hamtebiu, kami melanjutkan perjalanan ke kediaman bang Eka. Beberapa menit kemudian kami tiba di Kediaman bang Eka. Nah, rumah bang Eka ini juga di jadikan sebagai homestay lho! Namanya "Homestay Piknik Liwa".
Homestay Piknik Liwa

...
Nah kali ini saya akan sedikit menceritakan pengalam saya menginap semalam di Homestay Piknik Liwa. Menurut bang Eka tercetusnya untuk membuat Homestay berawal dari adanya beberapa kamar kosong di kediaman bang Eka, sehingga sangat sayang jika dibiarkan saja, mengingat ini juga menjadi peluang karena banyak yang mencari informasi tentang penginapan atau homestay di Liwa atau Lampung Barat.

Apasih itu homestay?
"Homestay adalah salah satu bentuk penginapan yang populer. Para pengunjung atau tamu menginap di kediaman penduduk setempat di kota tempat mereka bepergian. Lama tinggal dapat bervariasi dari satu malam hingga lebih dari setahun" (sumber: Wikipedia).
Homestay Piknik Liwa

Homestay Piknik Liwa adalah sebuah rumah kediaman milik bang Ekafendi Aspara, yang di dalamnya terdapat beberapa kamar kosong yang dijadikan sebagai kamar penginapan. Homestay ini beralamat di Jalan Gajah Mada, Seranggas, Liwa, Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Rumahnya tepat dipinggir jalan dan mudah dikenali dengan ciri bangunan berlantai dua dan bercat samping berwarna merah dan di sampingnya terdapat kebun sayuran. Homestay ini juga termasuk masih di pusat kota Liwa, tidak terlalu jauh dengan Tugu Kayu Ara dan Taman Hamtebiu yang menjadi Landmark Lampung Barat.

Kebun Kol di samping Homestay Piknik Liwa
Homestay ini sangat nyaman dan pemilik rumahnya pun sangat ramah dan sekaligus bisa menjadi tempat bertanya dan guide destinasi-destinasi di Lampung Barat. Pada bagian depan rumah terdapat halaman yang bisa dijadikan sebagai tempat parkir kendaraan, di situ juga terdapat beberapa jenis bunga yang mempercantik halaman homestay. Pada samping dan belakang rumah terdapat sebidang kebun sayuran yang biasa ditanami sayuran kol dan lainnya, sebuah nilai plus yang berguna untuk memanjakan mata.
Kebun Kol di samping Homestay

Bangunannya berlantai dua, di bagian depan dicat warna putih dan dihiasi dengan mural-murai yang artistik dan terdapat beranda yang asik juga untuk duduk-duduk sambil ngopi dan ngobrol-ngobrol, desain berandanya juga keren, terbuat dari papan kayu dan hiasan topeng sekura yang khas sehingga terasa kesan tradisional Lampungnya.
Mural pada dinding bagian depan Homestay
Beranda depan Homestay
Bersantai di Beranda depan Homestay

Pada bagian dalam lantai satu terdapat ruang tamu dan ruang tengah untuk menonton tv. Pada bagian lantai satu terdapat satu kamar owner dan dua kamar yang dijadikan sebagai kamar penginapan. Saya menginap di salah satu kamar ini, kamarnya sangat rapi, bersih, wangi dan nyaman, dengan springbed, bedcover, selimut yang lembut dan tebal, bantal dan guling semuanya bersih dan rapi. Kamarnya terbuat dari papan mulai dari dinding-dinding hingga lantainya dan terdapat jendela kesan tradisionalnya dapet banget, bagian lantainya juga dialasi ambal. Pada kamar terdapat fasilitas seperti tempat gantungan dan cantolan pakaian, gantungan handuk, dan pastinya yang gak kalah wajib ada adalah colokan listrik, hahaha... Di kamar ini juga tersedia kursi dan meja yang juga terbuat dari kayu, dan terdapat buku-buku bacaan ringan bagi yang hobi membaca sambil nyeruput kopi Liwa, hehehe, tak ketinggalan di kamar ini juga tersedia cermin, biar enak pas dandan 😘
Salah satu kamar homestay
Salah satu kamar homestay
Kasur tempat tidur di homestay
Fasilitas Homestay

Tak lupa juga di kamar ini terpajang foto-foto keren bak lukisan tentang keindahan alam dan budaya Lampung khususnya Lampung Barat, gambar-gambar ini adalah hasil karya dari ownernya sendiri yaitu bang Eka. Foto-foto hasil jepretan bang Eka ini tidak hanya terpajang di kamar saja, tetapi di hampir setiap ruangan, bahkan sampai di kamar mandi, sumpah gambar-gambarnya keren-keren semua 😍😍😍 di sini tidak tersedia AC karena udara di Liwa memang sudah dingin (makanya disediakan selimut yang tebal) 😂
Fasilitas lain di rumah ini adalah ruang makan untuk makan bersama-sama, dapur yang luas untuk kamu masak-masak atau sekedar bikin kopi, teh atau mie instan, serta terdapat dua buah toilet, nah, untuk toilet tersedia pilihan WC duduk dan WC jongkok lho! Jadi jangan khawatir, tinggal pilih saja terbiasa pakai yang mana, wkwkwk, sepengertian itu kan homestay di sini 😍
Kamar mandi dan closet duduk
Kamar Mandi dan Closet Jongkok

Naik ke lantai dua, terdapat satu buah kamar yang lebih luas, cocok buat kamu yang menginap ramai-ramai di sana terdapat 3 buah kasur berjejer. Pada Lantai dua juga terdapat ruangan luas, di sana terpajang banyak foto-foto keren hasil jepretan bang Eka sendiri, terkadang digunakan sebagai studio foto, bisa dijadikan tempat diskusi atau juga tempat tidur dengan menggelar kasur. Pada lantai dua bagian belakang juga terdapat beranda yang menghadap ke halaman belakang, juga terdapat jendela kaca besar yang langsung menghadap ke kebun sayur kol, sungguh pemandangan yang memanjakan mata.

Di homestay Piknik Liwa juga saya mencicipi beberapa makanan khas Lampung, khususnya Lampung Barat diantaranya seperti Sambal Goreng Tempoyak yang rasanya enak dan khas banget, Sabal Halipu yang terbuat dari keong sawah yang berwarna hitam, dan Kuwol yaitu tutut (sejenis keong air tawar yang berukuran kecil-kecil) yang di gulai santan, rasanya mantap banget ,😍😍😍
Sambel Goreng Tempoyak

Gulai Taboh Kuwol

Sambol Halipu

Nah untuk menikmati homestay sekeren ini perorangnya cukup membayar 100.000 Rupiah saja plus dapat satu kali makan atau sarapan buatan istri bang Eka, dan kalau kamu menginap di sini makin rame maka akan lebih murah lagi, bahkan bisa kurang dari 100.000 Rupiah lho!!! Mantul kan?!!!😍

Yukk segera booking! Jangan sampe keburu dibooking sama orang lain!

Homestay Piknik Liwa
Jalan Gajah Mada, Seranggas, Liwa, Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Lampung.
Instagram: @homestaypiknikliwa
HP/WA: 082186409723

2 komentar:

  1. Pernah 2-3 kali ke pesisir barat dan lampung barat, tapi untuk urusan kantor. Waktu itu menginap di rumah warga, pernah juga di hotel tapi berhubung ngurusin kerjaan, nggak ada waktu buat jalan-jalan.

    Pengen lagi sih ke pesisir barat atau ke lampung barat buat piknik beneran tapi kayaknya bakal kebingungan klo cuma bareng bini hahaha..

    Btw thanks buat reviewnya bro, nice post, bakal jadi referensi kalau mau piknik kesana 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau piknik ke Lampung Barat dan menginap di Homestay Piknik Liwa ini pak, ownernya bisa sekaligus jadi Tourguide lho pak, karena dia juga buka jasa tourguide, jadi bisa sepaket. Kalau ke sana silahkan saja hubungi CP bang Eka di atas untuk informasi seputar wisata Lampung Barat pak.

      Btw terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat ya pak Rangga 😇🙏

      Hapus

Jika ingin bekomentar mengenai artikel Ini, silahkan berkomentar dengan baik dan santun: