Senin, 25 November 2019

Bukit Siguntang, Wisata Sejarah, Budaya, dan religi di Kota Palembang


...
Bagi saya, berkunjung ke suatu daerah atau tempat, tak lengkap rasanya di tidak mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang
menyimpan cerita dan segala hal historis yang ada di daerah tersebut. List yang tak boleh dilewatkan adalah berkujung ke Museumnya atau ke lokasi-lokasi cagar budayanya.




Bagi kamu pecinta wisata sejarah dan budaya, jika berkunjung ke Kota Palembang, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Bukit Siguntang yang berlokasi di Jalan Srijaya Negara, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang. Sebuah lokasi yang menyimpan sejarah masa lampau Kota Palembang. Tempat ini cukup rindang dan sejuk karena ditumbuhi banyak pepohonan, terdapat tangga-tangga dan susunan batu-batu besar yang bagus juga untuk dijadikan spot foto. 
Kawasan Bukit Siguntang memiliki ketinggian antara 27-30 meter di atas permukaan laut dan menjadi kawasan tertinggi di kota Palembang. Kawasan Bukit Siguntang ini berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat dan memiliki luas sekitar kurang lebih 12,8 hektar.




Bukit Siguntang ini dipercaya sebagai tempat petilasan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan sebagai tempat ibadah Umat Budha sejak abad ke-7 Masehi. Saat ini Bukit Siguntang dijadikan sebagai obyek wisata sejarah, budaya dan religi. Sebagai tempat ziarah terutama bagi masyarakat melayu dari Indonesia sendiri, Malaysia, Singapura, bahkan Thailand dan masyarakat dari Tiongkok yang memiliki hubungan leluhur dan sejarah dengan lokasi ini sejak zaman Sriwijaya, baik bagi Umat Islam maupun Umat Budha.



Dalam Kawasan Bukit Siguntang terdapat tujuh makam para tokoh yaitu:
1. Raja Sigentar Alam
2. Pangeran Raja Batu Api
3. Putri Kembang Dadar
4. Putri Rambut Selako
5. Panglima Tuan Junjungan
6. Panglima Bagus Kuning
7. Panglima Bagus Karang
Ketujuh tokoh ini dipercaya sebagai keturunan dari Kerajaan Srwijaya.








Bukit Siguntang ini dibuka untuk umum dengan jam buka mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB, 
Dengan tarif Rp. 3000 untuk orang dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak, dan biaya parkir kendaraan untuk roda dua dikenakan Rp. 1500 dan untuk roda empat dikenakan biaya parkir Rp. 3000.

Fasilitas yang ada di Kawasan Bukit Siguntang yaitu kantor informasi, mushola, toilet dan parkir.
Nah buat kamu yang penasaran dengan lokasi bersejarah ini silahkan kunjungi Kawasan Wasata Bukit Siguntang ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ingin bekomentar mengenai artikel Ini, silahkan berkomentar dengan baik dan santun: