Senin, 30 September 2019

Suwal/Suwal Kikha/Gaharu, Sirkam Adat Khas Lampung

Suwal Kikha
Suwal Kikha

Suwal Kikha/Gaharu adalah benda sejenis sirkam khas Lampung. Suwal dalam bahasa Lampung berarti sisir, dan gaharu adalah nama dari
salah satu jenis kayu yaitu kayu gaharu, sebuah kayu yang memiliki aroma yang harum. Benda ini ada yang terbuat dari logam dan ada yang terbuat dari kayu (khususnya kayu gaharu).


adat_lampung_70774380_2238098139635080_535700019634019488_n
Suwal Kikha yang terbuat dari Logam

adat_lampung_69880036_588844368317892_4535342893391052937_n
Suwal Kikha yang terbuat dari kayu

Benda ini dipakai oleh wanita yang dipasangkan dengan cara diselipkan diantara kepala bagian belakang dan sanggul. Dalam masyarakat Lampung Pesisir Suwal Kikha juga menjadi salah satu bagian dari perlengkapan Siger Lampung Pesisir. Saat tidak memakai siger (Kelabai Sigokh/Induk Siger) maka Suwal Kikha dipasangkan dengan cara ukiran menghadap ke depan, namun saat memakai Induk Siger maka ukiran Suwal Kikha dihadapkan ke belakang.

Suwal Kikha dari Tembaga atu Perak
Suwal Kikha dari Tembaga atu Perak

Suwal Kikha dari Tembaga Kuningan
Suwal Kikha dari Logam Kuningan

Suwal Kikha dari Logam Kuningan
Suwal Kikha dari Logam Kuningan

Suwal Kikha dari Kayu Gaharu
Suwal Kikha dari Kayu Gaharu
...
Beberapa suwal dan gaharu seperti pada gambar-gambar di atas memiliki ukiran yang terinspirasi dari tumbuhan pakis hutan, atau masyarakat Lampung menyebutnya Paku Sukha/Paku Sakha terutama terinspirasi dari bagian lengkung pelepah dan daun pakis mudanya.

Pucuk Paku Sukha
Gambar Pucuk Paku Sukha

Gambar Tumbuhan Paku Sukha
Gambar Tumbuhan Paku Sukha

Tumbuhan Paku Sukha ini memang banyak tumbuh di hutan-hutan di daerah Lampung, dan menjadi pola ukir dan motif khas di berbagai benda-benda adat yang ada di Lampung. Hal ini menggambarkan vegetasi alam Lampung, terutama di daerah Seminung-Ranau-Pesagi yang dahulunya konon sebagai wilayah Sekala Bekhak Kuno, tempat leluhur Lampung berasal sebelum menyebar ke seantero tanah Lampung.

Demikianlah penjelasan tentang Suwal Kikha atau Gaharu, Sirkam khas Adat Lampung, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ingin bekomentar mengenai artikel Ini, silahkan berkomentar dengan baik dan santun: