Selasa, 01 Oktober 2019

Buak Tat atau Buak Balak Kue Tradisional Khas Adat Lampung

a
...
Buak Tat adalah salah satu kue tradisional yang ada di Lampung, Buak Tat lebih dikenal pada masyarakat Lampung Pesisir Bagian Barat (Lampung Barat-Pesisir Barat), dalam keadatan Lampung Pesisir Bagian Selatan (Bandakh Lima Cukuh Balak, Way Lima, Talang Padang) kue ini lebih dikenal dengan nama Buak Balak. Kue ini biasa dihidangkan dalam upacara-upacara adat, dan termasuk dalam salah satu dari 24 macam kue adat (babuak tuha) dalam Jajulang atau Katil (kue seserahan). Berikut cara membuatnya:
Resep untuk membuat Buak Tat original yaitu :
...
Bahan :
- Tepung Terigu
- Gula Pasir
- Telur
- Margarin
...
Proses pembuatannya :
- Pertama-tama siap peralatan dan baskom untuk membuat adonan Buak tat. Siapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, gula pasir dan margarin.
- Kocok margarin dan campurkan dengan gula hingga adonan menyatu, jika adonan sudah lembut, secara per lahan masukkan telur satu per satu sambil dikocok. - Sembari mengaduk adonan campurkan tepung terigu dan aduk hingga adonan merata. - Jika adonan sudah siap maka masukkan adonan dalam cetakan aneka bentuk sesuai dengan keinginan kita. - Jika ingin menambah selera, bagian dalam adonan biasanya diberi selai nanas di bagian dalam atau bagian atas buak tat. - Setelah adonan dicetak dan terkadang juga diberi hiasan dibagian atasnya dengan bentuk-bentuk tertentu yang memiliki makna dan sesuai dengan acara adat yang akan dilangsungkan, maka siap dipanggang menggunakan oven sampai adonan berwarna kuning kecoklatan.
- Kini, Buak tat siap disajikan untuk tamu maupun santap keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ingin bekomentar mengenai artikel Ini, silahkan berkomentar dengan baik dan santun: