Selasa, 01 Oktober 2019

Cucokh Kue Tradisional Khas Adat Lampung

1

Cucur/Cucukh/Cucokh/Cocokh
...
Cucukh adalah salah satu kue tradisional yang juga ada di Lampung. Kue ini juga menjadi salah satu kue adat (Buak Balak) dalam upacara-upacara adat Lampung dan termasuk dalam 24 macam kue adat (Buak Balak) dalam Jajulang atau Katil bagi masyarakat Lampung Pesisir (Saibatin). Kue dengan citarasa manis ini juga bisa kita jumpai sebagai jajanan pasar dan cocok juga dihidangkan pada saat hari raya.
Berikut bahan dan cara membuatnya:
...
Bahan-bahan :
1 kilogram tepung beras
1 kilogram gula merah aren
Minyak untuk menggoreng
sedikit air bersih
...
Cara membuatnya :
1. Uleni (remas-remas) dulu tepung beras kering, atau juga diayak, ini dilakukan agar kelak kue cucur kita bisa mengembang cantik saat di goreng.
2. Iris-iris gula aren dan beri sedikit air lalu panaskan pada api untuk mencairkannya.
3. Setelah air gula mengental ditandai dengan adanya letupan-letupan kecil, masukkan tepung beras, terus aduk rata tepung dengan gula aren hingga adonan rata dan tanak.
4. Setelah itu angkat dari atas api. Ambil adonan sedikit lebih kurang sebesar buah kelengkeng kemudian pipihkan dan boleh juga lubangi bagian tengahnya 1/2/3/4 lubang.
5. Kemudian goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang berwarna coklat tua, dengan tanda kue cucukh sudah mengapung di atas minyak goreng.
6. Setelah matang, angkat lalu tiriskan, dan buak cucukh siap dinikmati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ingin bekomentar mengenai artikel Ini, silahkan berkomentar dengan baik dan santun: